Selamat Datang di Website PT. MAHKOTA AMELIA MANDIRI

MOBIL MUYAN KB

Urut berdasarkan

arrow product KENDARAAN MUYAN KB

KENDARAAN MUYAN KB

MOBIL UNIT PELAYANAN KELUARGA BERENCANA

KENDARAAN (MUYAN)

1. SPESIFIKASI KENDARAAN

    A. Jenis Kendaraan : Bus

    B. Mesin
         1. Type : Diesel 4 Stroke, Direct injection
         2. Isi Silinder : 4.000 - 5.000 cc
         3. Setir : Power steering
         4. Suspensi : Depan - belakang
         5. Rem : Rem tangan, rem kaki.
         6. Kapasitas Tangki Solar : 70-100 liter

    C. Dimensi
         1. Tahun Chasis : Tahun Berjalan
         2. Panjang : 5,5 s.d 7,0 m
         3. Lebar Chasis dalam (rangka) : 0,75 s.d 0,80 m
         4. Lebar Chasis Luar : 2,0 s.d 2,5 m
         5. Tinggi : 1,5 s.d 1,6 m (diukur dari permukaan aspal atau tanah                                                       sampai dashboard)

      (Catatan : Tinggi kendaraan disesuaikan dengan lebar                         kendaraan, kecepatan yang dibutuhkan pada saat                             mengemudi agar memperhatikan Jumlah Berat yang Dibutuhkan (JBB) sesuai dengan keperluan untuk menghindari kecelakaan dijalan raya sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan).

    D. Roda :
         1. Berjumlah 6 buah;
         2. Dilengkapi 1 ban cadangan.

    E.  Accu 24 V (2 buah @12 V 60 AH pada rata-rata 20 jam)

    F.  Transmisi Type : 5 Kecepatan gigi maju dan 1 gigi mundur (Catatan : Lantai mobil posisi di atas rangka landasan (chassis) harus rata dan tidak terpotong oleh ban roda bagian atas (bahan: lapis vinyl border alumunium).

        (Catatan : Lantai mobil posisi di atas rangka landasan (chassis) harus rata dan tidak terpotong oleh ban roda bagian atas (bahan: lapis vinyl border alumunium)

2. KAROSERI KHUSUS UNTUK MOBIL UNIT PELAYANAN KB (MUYAN KB)

    A. Dimensi Karoseri
         1. Panjang : 6,0 s.d 7,5 m
         2. Lebar : 2,5 s.d 2,8 m
         3. Tinggi : 2,2 s.d 3,0 m

    B.Terdiri atas 3 kabin:
        1) Kabin Ruang Kemudi :
            a. Ukuran yang diperlukan (panjang: 175 cm, lebar : 190 cm).
            b. Lantai sesuai dengan standar pabrikan/fabrikasi.
            c. Tempat duduk dengan reclining seat dan safety belt 2 buah untuk pengemudi dan petugas pelayanan.
            d. Dashboard menggunakan bahan sesuai dengan standar pabrikan/fabrikasi yang dilengkapi dengan laci tempat menyimpan peralatan.
            e. Pada dashboard terdapat radio komunikasi 1 set berupa rig mobile yang terpasang pada dashboard dilengkapi handy talky minimal 1 unit atau sesuai kebutuhan.                                        f.  Lemari penggantung dengan hanger untuk menyimpan pakaian petugas medis (tinggi : 150 s.d 160 cm, lebar : 80 s.d 85 cm, tebal : 30 s.d 40 cm) berada di belakang kursi petugas medis.
            g. Lemari file (tinggi : 150 s.d 160 cm, lebar : 30 s.d 40 cm,tebal : 30 s.d 40 cm)diletakkan di belakang pengemudi. Bagian tengah lemari file bisa dibuat loker yang bisa digunakan  untuk menyimpan makanan dan minuman.
           h.  Lampu kabin LED standar dengan sumber daya dari mobil.
            i.  Pada dashboard terdapat stop kontak / panel listrik 1 fase.
            j.  Pada dashboard terdapat panel Sirine.
           k.  Pada dashboard terdapat tombol-tombol ON/OFF untuk lampu kabin ruang pendukung dan ruang tindakan.
           l.   Lampu downlight dilengkapi armature dan bola lampu LED spiral putar minimal 1 buah, ukuran daya minimal 5 watt dengan sumber daya dari genset.
          m.  Penutup kaca depan menggunakan pelindung kaca tabir surya (silver sun shield) model roll untuk memantulkan sinar ke luar kaca.
          n.   Pintu kanan dan kiri model swing dilengkapi kaca.
          o.   Kaca film depan 20%, samping kiri kanan 60%.

        (Catatan : antara kabin ruang kemudi dan ruang pendukung dibatasi oleh penyekat berbahan polimer termoplastik (bahan dasar dashboard) dan disediakan lubang akses selebar minimum 60 cm dengan ketinggian 180 cm dilengkapi pintu lipat berbahan PVC dan rangka harus kuat untuk menahan lemari serta beban AC Split).

        2) Kabin Ruang Pendukung
            a. Ukuran yang diperlukan (panjang: 180 cm, lebar : 190 cm).
            b. Lantai berbahan multiplek 18 mm dilapisi vinyl dengan border aluminium.
            c. Alat Pemadam Kebakaran (APAR) ukuran 6 kg di lantai dan palu pemecah kaca ditempatkan di dinding kabin untuk keadaan darurat yang terpasang pada penyekat antara ruang kemudi dan ruang pendukung diikat secara kuat dengan bracket.
            d. Mic public address terpasang di dinding dan dilengkapi kabel spiral panjang 50 cm.
            e. Sterilisator pemanas dipasang dengan bracket di samping dinding penyekat ruang kemudi dengan ruang pendukung pada dinding sebelah kanan mobil dengan sumber listrik dari genset. Sterilisator pemanas dilindungi oleh penyekat berbahan multiplex yang dilapis anti air pada bagian kanan yang berbatasan dengan watersink dan juga bagian atas sterilisator berbahan multiplex dilapis anti air sekaligus berfungsi sebagai meja.
            f.  Tempat cuci (watersink) ukuran kecil modifikasi yang terpasang kuat pada dinding mobil sebelah kanan di antara sterilisator pemanas dan ruang ganti.
            g. Ukuran watersink panjang : 45 cm, lebar : 45 cm, dan ketinggian pemasangan 100 cm, berbahan stainless steel lengkap dengan kran air dengan 1 lubang cuci (ukuran 30 x 30cm) dan pada bagian bawah dilengkapi dengan lemari penyimpan (cabinet) dengan 1 buah pintu. Lemari ini berisi 1 unit pompa air berdaya 125 watt dengan sumber kelistrikan dari genset.
            h. Kaca cermin dipasang di atas watersink. i.  Lampu downlight dilengkapi armature dan bola lampu LED spiral putar minimal 1 buah, ukuran daya minimal 5 watt dengan sumber daya dari genset.
             j. Lampu kabin LED standar dengan sumber daya dari mobil dengan tombol ON/OFF dari ruang kemudi.
            k. Ruang ganti pakaian pasien dilengkapi dengan rolling curtain (korden) berbentuk ¼ lingkaran dengan jari-jari 75 cm.
             l. AC Split ½ PK dipasang kuat di bagian atas penyekat antara kabin ruang kemudi dengan ruangan pendukung.
           m. Kaca film samping kiri 80% dan sebelah kanan tidak berkaca.

        (Catatan : antara kabin ruang pendukung dan ruang tindakan dibatasi oleh penyekat berbahan PVC jenis lipat (folding) dilengkapi dengan rel dengan lebar 190 cm (selebar kendaraan) dengan tinggi sekitar 190 cm (setinggi ruangan). Penyekat ini bisa dibuka sesuai kebutuhan atau dibuka penuh saat kondisi darurat atau saat memindahkan peralatan).

        3) Kabin Ruang Tindakan dan Penyimpanan Alat :
            a. Ukuran yang diperlukan (panjang: 250 s.d 350 cm, lebar : 190 cm, tinggi minimal 190 cm).
            b. Lantai berbahan multiplek 18 mm dilapisi vinyl dengan border aluminium.
            c. Perlengkapan :
                1) 3 Kursi plastik tanpa sandaran untuk konseling pra tindakan.
                2) Lampu LED dengan sumber daya dari genset (220 V AC) berupa lampu downlight dilengkapi armature dan bola lampu LED spiral putar minimal 4 buah, ukuran daya minimal 10 watt.
                3) Lampu kabin LED standar dengan sumber daya dari mobil dengan tombol ON/OFF dari ruang kemudi.
                4) Kaca samping kiri dan kanan di pasang one way (kaca film 100 %) dilengkapi tirai horisontal (horisontal blind) sehingga tidak terlihat dari luar.
                5) Meja tindakan ukuran dimensi luar P : 170 – 180 cm, L : 60 – 70 cm, T : 80 – 81 cm yang dapat diatur naik turun, dapat dilipat dibagian kaki dan dilengkapi dengan penyangga kaki (leg support) dan penyangga lengan. Posisi kepala pasien berada di dekat sekat kabin ruang pendukung dan ruang tindakan. Jarak meja tindakan dengan dinding kabin sebelah kanan adalah 60 cm.
                6)  Mayo table standard dapat digerakkan ke segala arah secara horizontal berbahan stainless steel dan memiliki pengait di dinding kendaraan ketika sedang tidak digunakan.
                7)  Lampu sorot (terpasang pada dinding kabin sebelah kendaraan dilengkapi tangkai flexible panjang minimal 100 cm dilengkapi dengan engsel yang dapat bergerak bebas). Sumber daya dari genset. Memiliki pengait/ pengunci untuk memegang lampu saat lampu sedang tidak digunakan atau saat mobil berjalan.
                8)  Lampu operasi (terpasang pada atap kendaraan dilengkapi tangkai flexible panjang minimal 80 cm dilengkapi dengan engsel yang dapat bergerak bebas). Sumber daya dari genset. Dilengkapi pengait/pengunci untuk memegang lampu saat sedang tidak digunakan atau saat mobil berjalan.

                9)  Meja lipat dengan bahan almunium dengan engsel bawah (bukaan yang dilengkapi kait penahan) yang dapat berfungsi sebagai meja kerja.
               10) Lemari instrument, perlengkapan dan file dipasang di dinding dalam bagian belakang di atas bagasi bagian dalam. Lemari instrument ini terkunci kuat untuk mencegah goncangan. Tebal lemari file dan perlengkapan menyesuaikan ketebalan lemari instrument.
               11) AC Split 1 PK dipasang kuat di dinding belakang di atas lemari file dan lemari instrument.
               12) Dua buah tempat sampah dengan kapasitas @ 20 sd 30 liter untuk limbah medis dan non medis berbahan plastic dan terdapat handle dibawah untuk diinjak saat membuka tutup. Masing-masing diberikan pengikat agar tidak terguling.

    Bagian atas kendaraan:
      1. Plafon mobil dilengkapi dengan bahan peredam panas.
      2. Pada atap mobil dilengkapi dengan lampu rotary kuning bentuk oval panjang dan horn speaker dilengkapi dengan bracket.
      3. Tersedia tenda elektrik built in model rol rangka besi ukuran 4 x 3 m (yang dapat digulung otomatis terpasang di dalam atap kendaraan samping kiri atas di atas pintu) dilengkapi pengait manual untuk antisipasi jika kerusakan motor listrik.

    Bagian bawah kendaraan:
      1. Cagrak standard (manual sistem putar) kapasitas 3 ton sebanyak 4 buah disetiap pojok chassis.

        (Catatan: diutamakan menggunakan sistem hidrolik untuk memudahkan operasional di lapangan)
      2. Tangki air (water tank) kapasitas ±200 liter sebanyak 2 buah masing-masing terletak dibawah landasan kendaraan sebelah kiri untuk air kotor dari watersink dan sebelah kanan untuk air bersih ke pompa air menuju watersink. Keduanya terpasang kuat menggunakan bracket. Tangki air kotor dilengkap lubang penguras dan tangki air bersih dilengkapi lubang pengisi dan lubang penguras yang mudah dijangkau.
      3. Pada bagian depan dan belakang kendaraan disiapkan lubang yang terhubung langsung ke chassis untuk memasukkan kabel slink baja saat kondisi darurat.

    Bagasi belakang, berisi antara lain:
      1. Genset 5 KvA merk lokal terkenal type silent dilengkapi dengan Automatic Voltage Regulator disimpan dalam bagasi tengah kendaraan dan dapat dikeluarkan menggunakan rel (sliding style) dilengkapi dengan alat bantu berupa penahan siku dan peredam getaran/karet mounting. Posisi genset masih tetap terlindung pintu bagasi ketika dalam posisi dikeluarkan.
      2. Outdoor AC 2 buah yang masing-masing diletakkan di samping kanan dan kiri bagasi dengan arah udara keluar menghadap ke dinding samping bagasi. Dinding bagasi samping dibuat pintu yang bisa dibuka saat AC dioperasikan untuk memudahkan udara panas keluar dari bagasi.
      3. Tangga lipat telescopic tambahan (bahan alumunium dengan daya jangkau minimal 2 m).
      4. Selang air panjang minimal 20 m dan jerigen/container kapasitas minimum 20 liter sebanyak 3 buah.
      5. Kabel listrik gulung (3 x 2.5 mm panjang minimum 50 m) yang sudah dilengkapi dengan jack di masing-masing ujungnya. Kabel ini berfungsi untuk menyalurkan daya listrik dari kantor terdekat ke muyan yang disambungkan ke MCB terminal dibagian bagasi.
      6. MCB panel yang berfungsi untuk terminal listrik dari genset atau dari listrikyang bisa dipilih menggunakan handle. MCB panel ini juga berfungsi untuk panel distribusi ke peralatan di dalam muyan (1 MCB untuk AC 1 PK,1 MCB untuk AC ½ PK dan 1 MCB untuk penerangan dan pompa air).
      7. Lampu kabin LED pada plafon bagasi.
      8. Pompa ban elektrik
      9. Kabel slink baja untuk penarik mobil saat darurat.

    Warna kendaraan
      1. Warna kendaraan dan tulisan/logo pada mobil, biru muda dengan desain khusus dilapisi cat metalik
      2. Pada sisi kanan dan kiri mobil bertuliskan MOBIL UNIT PELAYANAN KB KELILING warna tulisan putih serta penempelan sticker AYO IKUT KB DUA ANAK CUKUP dan logo serta nama Kantor/Dinas KB setempat sesuai dengan warna asli dan ukuran yang proporsional
      3. Pada kaca belakang mobil terdapat sticker AYO IKUT KB DUA ANAK CUKUP sesuai dengan warna asli dan ukuran yang proporsional serta DAK BIDANG KB TAHUN ......
      4. Pada bagian depan mobil terdapat logo AYO IKUT KB DUA ANAK CUKUP sesuai dengan warna asli dan ukuran yang proporsional
      5. Pada bagian pintu kiri dan kanan depan terdapat logo BKKBN (sesuai dengan warna asli) dengan ukuran proporsional
      6. Semua desain dan sticker/logo harus disetujui terlebih dahulu Kantor/Dinas KB setempat.

detail

arrow product Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Depan

Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Depan

Ilustrasi Gambar hanya untuk memperjelas dan tidak mengikat spesifikasi terhadap warna, bentuk maupun ukuran.

Keterangan Tampak Depan Muyan :
Exterior :


No                      Keterangan
1.   Wiper sesuai dengan standar karoseri
2.   Lampu :
      - Lampu depan Revolt
      - Lampu kabut standar karoseri
      - Lampu Sign R/L sesuai standar karoseri
      - Lampu Belakang New Quattro

detail

arrow product Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Samping Kiri

Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Samping Kiri

Keterangan tampak samping kiri MUYAN:

Exterior :


No     Keterangan
3.        Spion standar karoseri
4.        Lampu Rotary kuning berbentuk oval panjang dan dilengkapi dengan bracket
5.        Horn speaker untuk pengeras suara (public address) dilengkapi dengan                       bracket
6.        Pintu samping kiri model swing dilengkapi kaca geser :
           - Ruang Kabin R/L
           - Ruang Periksa LH
7.        Kaca :
           - Kaca depan menggunakan kaca film 20%, dan dilengkapi dengan Sun Shield
           - Kaca samping depan kiri kanan menggunakan kaca film 60%
           - Kaca samping ruang pendukung kiri kanan 80%
           - Kaca samping ruang tindakan kiri kanan menggunakan kaca film 100%
           - Kaca belakang menggunakan kaca film 100%
8.        Rumah roll tenda menggunakan elektrik dan atau manual
9.        Standang legs manual/jackstand (4 buah)
10.      Bagasi accu unit
39.       Tangki air kotor dari watersink kapasitas ± 200 liter

detail

arrow product Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Belakang

Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Belakang

Keterangan tampak belakang MUYAN:
Exterior :


No    Keterangan
11.     Tenda pelayanan: Dimensi (mm) : P = 4000 x L = 3000
12.     Lampu belakang standar karoseri
13.     Kisi-kisi ruang genset
14.     Dudukan plat nomor

detail

arrow product Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Samping Kanan

Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Samping Kanan

Keterangan tampak samping kanan MUYAN:

Exterior :


No       Keterangan
15.        Pintu outdoor AC Split
16.        Compartment BBM (tempat tangki BBM)
39.        Tangki air bersih kapasitas ±200 liter ke pompa air menuju watersink.

detail

arrow product Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Atas

Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) Tampak Atas

Keterangan tampak atas MUYAN:


No           Keterangan

17.           Kursi Pengemudi
18.           Rak file dan loker tempat makanan dan minuman
19.           Kaca cermin
20.           Watersink
21.           Penyekat berbahan multiplex berbentuk kotak dengan lapisan anti air                            dengan bagian bawah untuk tempat sterilisator.
22.           Ruang ganti pakaian pasien, dilengkapi dengan rolling curtain berbentuk                      1/4 lingkaran dengan jari-jari 75 cm
23.           Lampu sorot flexible
24.           Meja mayo
25.           Meja tindakan, ukuran dimensi luar P : 170 – 180 cm, L : 60 – 70 cm,                                 T : 80 – 81 cm26.
26.           Lemari instrument dari alumunium dan rak file serta perlengkapan
27.           Outdoor AC split
28.           AC split 1 PK untuk ruang tindakan dan AC split 1/2 PK untuk ruang                                pendukung
29.           Genset 5 KvA, dilengkapi MCB panel (1 MCB untuk AC 1 PK, 1 MCB                                untuk AC ½ PK dan 1 MCB untuk penerangan dan pompa air) serta                                handle untuk memindah sumber listrik genset atau dari PLN.
30.           Sterilisator panas dan kering
31.           Lampu tindakan untuk operasi
32.           Lampu downlight dilengkapi dengan armateur dan bola lampu LED spiral                     4 buah (@ 5 watt untuk ruang kemudi dan ruang pendukung sedangkan                       ruang tindakan 10 watt) dan ditempatkan di tengah plafon. Terdapat                             lampu kabin LED berada di plafon.
33.           APAR 6 kg dan palu darurat untuk pemecah kaca
34.           Loker dan lemari pakaian pelayan kesehatan
35.           Kursi petugas pelayanan
36.           Partisi lipat (folding) berbahan PVC yang bisa dibuka sesuai kebutuhan
37.           Mic public address dengan tombol on/off dilengkapi dengan kabel spiral
38.           Meja lipat alumunium untuk menulis dokter/pelayan kesehatan
39.           Tangki air, tangki kanan untuk air bersih dan tangki kiri untuk air kotor
40.           Tempat sampah medis dan non medis kapasitas 20 sd 30 liter.

detail